Cermin

September 10, 2007 pukul 7:24 am | Ditulis dalam khazanah | Tinggalkan komentar

CERMIN yang ada di hadapanku cukup besar, sekujur tubuhku membayang di sana. Dari mulai ujung kaki hingga ujung rambut. Inilah aku. Rambutku, hidung, mata, bibir, tangan dan yang lainnya. Itu semua milikku. Kubalikan tubuhku, ke tempat tidur dan menelentangkan tubuh.

Tampak langit-langit kamar, begitu luas dalam pandanganku, walau kamarku tidak seberapa luas. Kembali pikiranku memikirkan apa yang kulihat tadi di cermin. Aku berguman, bagus atau pun jelek itu adalah tubuhku. Tubuhku? Tiba-tiba aku bergumam setengah bertanya-tanya. “..ku..?” Tubuh ini milikku? Aku memiliki tubuh, dan tubuh? Lalu tubuh ini siapa? Dan Aku pun siapa?

Bila selama ini aku hanya melihat tubuh, lalu di mana pemiliknya? Di mana Aku yang sesungghunya, yang memiliki tubuh ini?

Bila selama ini aku sering mengatasnamakan “aku” untuk segala hal: rumahku, istriku, anakku, hartaku, dsb…dsb… ! Tanpa pernah mengetahui siapa aku itu? Atau mungkin yang bertanya-tanya ini adalah aku sendiri? Tapi, betapa anehnya aku bertanya tentang aku! Sungguh misterius atau mungkin betapa bodohnya sang aku ini! Dia sendiri tidak mengetahui di mana ia berada. Hey…!, tepatkan aku menyebut dengan kata itu, ini, ia, dan dia terhadap sang aku? Dan tepat pulakah aku menggunakan kata “sang”? Uiihhh…tak tahulah aku..! Nah..aku lagi, siapa dan dimanakah dia?

Orang menyebut Tuhan itu ada, pasti ada! Orang bisa memastikan keberadaan Tuhan dengan berbagai cara, dan argumen! Bertapa hebat dan pintarnya mereka, sementara aku, jangankan mengenal dan mengetahui Tuhan, aku sendiri tidak pernah tahu siapa dan di mana aku ini? Bila ia tidak diketahui dimana adanya, mungkin aku boleh mempertanyakan, “Apakah aku itu ada atau tidak ada?” Rasanya boleh saja!

AHMAD GIBSON AL-BUSTOMI,
pengajar filsafat, mistisme dan kebudayaan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: